Teman Autis adalah sebuah organisasi non profit yang bertujuan menyediakan wadah/platform terintegrasi untuk menyalurkan berbagai informasi tentang autisme.

Di era yang serba digital, Teman Autis hadir dalam bentuk situs web (website) dan nantinya akan hadir dalam bentuk aplikasi seluler (mobile application).

Situs web (website) dan aplikasi seluler (mobile application) Teman Autis diciptakan untuk dapat mudah digunakan agar masyarakat Indonesia (utamanya keluarga dengan anggota keluarga dengan diagnosa Autisme) bisa mendapatkan informasi tentang autisme yang terpercaya secara mudah.

VISI

Menjadi jembatan penyalur informasi terintegrasi yang terpercaya terkait autisme sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat mengenai autisme.

MISI

Memberikan dukungan bagi keluarga dengan anggota keluarga dengan diagnosa autisme melalui berbagai cara, termasuk dan tidak terbatas pada:

  • Pemberian akses informasi untuk orang tua mengenai autisme.
  • Pemberian akses informasi mengenai klinik, sekolah, dan fasilitas penunjang lain.

Siapakah Teman Autis?

Sebelum berganti nama menjadi Teman Autis, komunitas ini bernama Light It Up Project. Dibentuk pada tahun 2017, komunitas ini telah mengadakan 2 event yaitu:

1. Light it Up Fun Walk pada tanggal 30 Juli 2017 di wilayah Car Free Day Sudirman.

Fun Walk ini diikuti oleh anak-anak dengan diagnosa autisme beserta orang tua atau pendampingnya. Selain melakukan Fun Walk, team Light It Up Project juga mengadakan kampanye dengan membagikan brosur yang bersifat informational terkait dengan autisme.

2. Light it Up Gathering pada tanggal 10 Maret 2018 di Jakarta Selatan.

Dalam gathering ini, dilakukan seminar mengenai Autisme 101. Meskipun awalnya ditujukan untuk volunteer saja, namun karena minat masyarakat cukup tinggi acara ini akhirnya dibuka untuk umum.

Setelah berhasil mesukseskan kedua acara tersebut, beberapa anggota team Light it Up Project memutuskan untuk meneruskan Light it Up Project dengan memberikan kontribusi yang semakin nyata kepada masyarakat. Untuk itu, diputuskan untuk melakukan pengkonsepan ulang sehingga lahirlah Teman Autis dengan visi, misi dan kontribusi yang lebih jelas untuk masyarakat luas.

Tim Kami

Ratih Hadiwinoto

Co-Founder

Sebagai inisiator Teman Autis, Ratih berperan sebagai Chief Executive Officer yang memimpin pengelolaan Teman Autis, termasuk diantaranya penentuan strategi dan kebijakan operasional Teman Autis.

ratih@temanautis.org

Alvinia Christiany

Co-Founder

Alvinia berperan sebagai Chief Content Officer, yang bertanggung jawab atas seluruh content Teman Autis. Alvinia juga bertanggung jawab untuk implementasi digital platform Teman Autis.

alvinia@temanautis.org